-->

16 April 2016

Pengertian Sistem dan Komputer Menurut Para Ahli

1. Pengertian Sistem Menurut Para Ahli 


ü  Salisbury
Sistem merupakan sekelompok komponen atau bagian yang bekerja sama sebagai satu kesatuan fungsi.
ü  L. James Havery
Sistem ialah suatu prosedur yang rasional dan logis, yang berguna untuk merancang ataupun melakukan suatu rangkaian komponen yang saling berkaitanan satu sama lainnya.
ü  John Mc. Manama
Sistem merupakan sebuah struktur konseptual yang tersusun dari berbagai fungsi yang saling berkaitan dan bekerja sebagai satu kesatuan dalam mencapai hasil yang diharapkan secara efektif & efisien.
ü  Henry Prat Fairchil & Eric Kohler
Mereka mengemukakan sistem sebagai sebuah rangkaian yang saling terkait antar beberapa bagian dari yang terkecil, jika suatu bagian / sub bagian terganggu, maka bagian yang lainnya akan ikut merasakan ketergangguan tersebut.
ü  Indrajid
Sistem mengandung arti beberapa kumpulan dari berbagai komponen yang dimiliki unsur keterkaitan atau keterikatan antara satu dengan yang lainnya.
ü  Umar Fahmi Achmadi
Sistem ialah suatu tatanan yang mendeskripsikan adanya rangkaian komponen-komponen yang saling berhubungan dengan tujuan yang sama secara seimbang dan serasi serta terkoordinasi dan terus berjalan dalam jangka waktu yang terencana.
ü  L. Ackof
Sistem merupakan suatu kesatuan secara konseptual / fisik yang terdiri dari beberapa bagian dalam keadaan saling ketergantungan satu dengan yang lainnya.
ü  Musanef 
Mengatakan sistem sebagai suatu sarana yang menguasai pekerjaan & keadaan agar mampu menjalankan tugas dengan teratur.  



ü  Jogianto
Sistem yakni kumpulan dari beberapa elemen yang berinteraksi untuk tercapainya suatu tujuan tertentu.
ü  Poerwadarminta 
Sistem ialah sekelompok bagian-bagian yang berupa alat dan lain sebagainya, yang berkerja sama untuk melaksanakan tujuan tertentu.
ü  Zulkufli A.M.
Sistem merupakan himpunan suatu benda yang nyata maupun abstrak (a set of thing) yang terdiri atas berbagai komponen  yang berhubungan, ketergantungan & saling mendukung, secara keseluruhan bersatu dalam satu kesatuan untuk mencapai tujuan secara efektif.
ü  Mulyadi
Sistem pada hakikatnya merupakan sekelompok unsur yang erat kaitannya antara satu dengan yang lainnya, yang sama-sama berfungsi dalam mencapai tujuan.
ü  Murdick, R. G
Sistem merupakan seperangkat elemen-elemen yang membentuk suatu kumpulan dari berbagai prosedur atau berbagai bagan pengolahan untuk mencari sebuah tujuan bersama dengan cara mengoperasikan data maupun barang untuk menghasilkan suatu informasi, energi maupun barang.
ü  Pamudji 
Sistem adalah suatu kebulatan yang kompleks dan terorganisir, yang mana suatu perpaduan dari bagian-bagian itu membentuk suatu kebulatan yang utuh.
ü  Bertalanffy
Sistem adalah sekumpulan komponen yang saling berinteraksi satu sama lain dan bekerja sama agar mencapai tujuan yang sama.
ü  J.C. Hinggins
Sistem ialah seperangkat bagian yang saling berkoneksi atau berhubungan.

ü  Anatol Raporot
Sistem merupakankumpulan kesatuan & suatu perangkat hubungan antara satu dengan yang lain.

ü  Koentjaraningrat
Sistem ialah susunan yang berfungsi & bergerak.
ü  Robert Allen dan Mark Victor Hansen
Sistem merupakan sebuah prosedur yang terorganisir & mapan yang bisa membuahkan hasil.
ü  Webster’s Unabridged
Sistem ialah beberapa elemen yang saling berkoneksi membentuk satu kesatuan atau sebuah organisasi.
ü  Andri Kristanto
Sistem merupakan suatu jaringan kerja dari sebuah prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama untuk melakukan kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
ü  Pilecki
Sistem merupakan sekumpulan objek & objek itu dihubungkan dengan atributnya. Sistem bisa juga diartikam suatu kesatuan yang terdiri atas sejumlah bagian, atribut dari bagian & hubungan antara bagian tersebut dengan atribut.
ü  C.W. Churchman
Sistem ialah seperangkat berbagai bagian yang dikoordinasikan secara seimbang & harmonis untuk melaksanakan ketercapaiannya sebuah tujuan.
ü  Gordon B. Davis
Sistem menurutnya terdiri dari beberapa bagian-bagian yang saling berhubungan satu sama lain yang beroperasi bersama dalam mencapai sasaran maksud tertentu.
ü  Edgar F. Huse & James L. Bowdict
Menurut mereka, sistem ialah suatu rangkaian atau seri dari beberapa bagian yang berkaitan & bergantung sehingga menimbulkan interaksi & saling berpengaruh.


ü  Davis, G. B 
Sistem merupakan  sekumpulan elemen yang beroperasi secara bersama untuk menyelesaikan dan mencapai sasaran tertentu.



2. Pengertian Komputer Menurut Para Ahli


   Ada beberapa ahli yg mendefinisikan arti dari computer diantaranya Robert H. Blissmer, V.C. Hamacher et al, Elias M. Awad, Donald H. Sanderes, Larry Long & Nancy Long,Williams Sawyer dan William M. Fuori. Berikut kutipan teori tentang computer menurut para ahli Tsb.

ü  Pengertian Komputer menurut Robert H. Blissmer

Komputer ialah suatu alat elektronik yg mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

ü  Pengertian Komputer menurut V.C. Hamacher et al

Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yg dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memrosesnya sesuai dengan program yg tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.

ü  Pengertian Komputer Menurut Elias M. Awad
Pengertian Komputer menurut Elias M. Awad
Komputer sebuah alat hitung yg memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog. 

ü  Pengertian Komputer menurut Donald H. Sanderes
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memrosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (Sistem Operasi) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program). 

ü  Pengertian Komputer menurut Larry Long & Nancy Long

Komputer adalah alat hitung elektronik yg mampu menginterpresentasikan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik.
ü  Pengertian Komputer Menurut Robert H. Blissmer
Pengertian Komputer menurut Robert H. Blissmer
Komputer ialah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

ü  Pengertian Komputer menurut Larry Long & Nancy Long

Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan dan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik.

ü  Pengertian Komputer menurut Williams, Sawyer

Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta & gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan

ü  Pengertian Komputer menurut William M. Fuori

Komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Ads3

Delivered by FeedBurner